Sabtu, 14 Agustus 2010

Resensi Asyiknya Pacaran Sama Kamu

Judul buku : Asyiknya Pacaran Sama Kamu
Pengarang : Ari Wulandari
Penerbit : Cakrawala Fiksi
Kota Tempat Penerbit : Sidokarto, godean, yogyakarta
Tahun Terbit : 2009
Tebal :120


Ari Wulandari, lulusan sastra Indonesia UGM. Dia pernah meraih anugerah kebudayaan 2006 dari kemenangan kebudayaan dan pariwisata republik Indonesia dengan kategori penulis buku anak yang berdikasi kepada kebudayaan yang di serahkan oleh menteri kebudayaan dan pariwisata republik Indonesia. Dian pernah berkerja sebagai editor buku Adicita Grup, yogyakarta, 2000-2003 dan sebagai Script editor di multivision plus, jakarta, 2003-2007. Setelah melepaskan perjaannya, dia menulis buku dan skenario. Tidak heran apabila novel “Asyiknya Pacaran Sama Kamu”, alur ceritanya bagus, karena banyaknya pengalaman Ari Wulandari dalam hal tulis-menulis.
Novel ini berceritakan tentang kisah komedi remaja yang berawal dari sebuah keluarga (pak Andi, mama Nita, Alin, Tisa. April) pindah ke rumah baru yang megah dan mewah. Semenjak keluarga pak Andi tinggal di rumah tersebut, banyak kejadian-kejadian aneh yang menimpa anak sulungnya yang bernama Alin.
Alin (18 tahun) wanita cantik yang sering jadi korban cinta, noraknya wanita penakut ini ternyata jatuh cinta sama hantu yang bernama Jojo, seorang hantu penunggu rumah baru Alin, yang teropsesi ingin menikah dengan Alin. Dan Niko mantan pacar Alin, penjahat cinta yang di kerjain habis-habisan sama Jojo karena pernah menyakiti hati Alin. Sedangkan Jason cowok yang tingginya 186 cm, berambut pirang, cowok bule model iklan yang sombongnya minta ampun. Tisa adek Alin (15 tahun) ngefans berat dan jatuh cinta sama Jason.
Nah ...? bagi pembaca jangan lewatkan novel kocak ini apalagi waktu Alin di tuduh gila sama keluarganya gara-gara sering ngomong sendiri dan ketawa sendiri, padahal yang diajak ngomong dan ketawa adalah hantu Jojo. Tuduhan itu membuat Alin menjadi sedih dan kecewa karena keluarganya dan Niko sang pacar tidak mempercayai kejadian konyol yang di alami oleh Alin.
Selang beberapa bulan, Alin putus dengan Niko, gara-gara Niko selingkuh. Semenjak putus dengan Niko, Alin semakin akrap dengan Jojo, hari demi hari, perasaan Jojo dengan Alin semakin dalam, hingga akhirnya Jojo memutuskan untuk tidak meninggalkan Alin untuk selamanya. Ternyata Alin juga mempunyai perasaan yang sama dengan Jojo, tapi Alin sadar bahwa diantara mereka berdua tidak mungkin menjalin cinta.
Bagaimana endingnya?. Waktu liburan sekolah Alin mengikuti acara out bound tawaran dari majalah Boy. Ternyata di tempat out bound dia bertemu dengan bintang iklan yang di idolakan oleh Tisa sang adik yaitu Jason. Selama disana Alin selalu bertengkar dengan Jason karena kesombongannya.
Silang beberapa waktu kemudian, akhirnya benih-benih cintapun tumbuh diantara mereka, Tisa pun mengerti apa yang di rasakan oleh kakaknya, ia merelakan Jason demi kebahagiaan kekaknya. Begitu juga dengan Jojo dia harus merelakan Alin untuk Jason dan dia percaya bahwa Jasonlah yang pantas menjadi pendamping Alin.
Novel ini menggunakan bahasa yang simpel, tidak rumit dan mudah di fahami, tetapi endingnya kurang menarik dan kover novel ini juga tidak cocok. Alangkah baiknya ending dalam novel ini di sebutkan, bahwasannya Alin menerima cinta Jason atau tidak. Sedangkan masalah kovernya hendanya menampilkan gambar remaja sekolah, karena Tisa juga masih sekolahkan? Bukannya menampilkan gambar wanita seksi yang memakai baju pantai, meskipun novel ini menyebutkan bahwa Alin adalah cewek yang cantik, super seksi dsb.
Kekuatan cinta di dunia yang berbeda, antara Alin dan Jojo haruslah berakhir begitu saja, perpisahan Alin dan Jojo adalah jalan yang terbaik buat mereka berdua.
Novel “Asyiknya Pacaran Sama Kamu” mengajarkan para pembaca untuk selalu tidak terpuruk dalam suatu masalah, kita harus bisa menerima kenyataan, dan kita harus bisa menjalani apa yang mesti kita hadapi dimasa sekarang maupun yang akan datang.

1 komentar:

  1. Tritanium's Edge - titanium engagement rings for her
    The Tritanium Edge. Tritanium's Edge is a damascus titanium beautifully crafted and titanium rings beautifully titanium carabiners designed piece of jewelry that features an columbia titanium jacket intricate design titanium granite

    BalasHapus